Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Monday, 17 Jun 2019
 
 
    BUS RAPID TRANSIT UNTUK PEMERINTAH KOTA SUKABUMI PDF Print E-mail
    Written by Administrator   
    Tuesday, 25 December 2018 10:32

    BUS RAPID TRANSIT UNTUK PEMERINTAH KOTA SUKABUMI

    Juanda, (Humas Setwan).- Pemerintah Kota Sukabumi beserta Pemerintah Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu, mendapat hibah BRT (Bus Rapid Transit) dari Kementerian Perhubungan RI. Hibah Bus tersebut seluruhnya berjumlah 50 unit, dan Pemerintah Kota Sukabumi mendapat 5 unit/ Hibah Bus tesebut.

    Bus Rapid Transit itu diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kepada PLT (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Saleh Makbullah, M.Si., yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD., usai Upacara Peringatan Hari Bela Negara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Nusantara Tahun 2018 Tingkat Jawa Barat, tepatnya tanggal 19 Desember 2018, di Halaman Gedung Sate Provinsi Jawa Barat.

    Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat menjelaskan, BRT merupakan moda transportasi masal yang memiliki desain pelayanan khusus dengan biaya terjangkau, dengan sistem pembayaran di Halte Bus. Disamping itu, BRT memiliki Jalur Khusus, Halte Tertutup dan Sistem Informasi Khusus bagi penumpang. Gubernur Jawa Barat mengharapkan, dengan adanya hibah Bus tersebut, dapat menjadi solusi sekaligus memecahkan masalah kepadatan lalu lintas dan polusi udara di perkotaan.

    Sementara Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, saat dikonfirmasi terkait hibah Bus tersebut menjelaskan, pihaknya merasa beryukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Perhubungan RI, yang telah memberi hibah Bus tersebut yang modelnya mirip dengan BANDROS (Bandung Toru on Bus).

    “Dengan mendapat hibah Bus tersebut, dapat mendongkrak sekaligus meningkatkan potensi wisata dan perekonomian di Kota Sukabumi. Selain itu juga, Bus tersebut akan dioperasikan pada awal tahun 2019, bekerja-sama dengan Organda (Organisasi Angkutan Darat) Kota Sukabumi,” terang Wali Kota Sukabumi.

    Namun untuk nama Bus tersebut, Wali Kota Sukabumi meminta ide dan masukan dari masyarakat Kota Sukabumi, akan tetapi Wali Kota memberikan sinyal bahwa nama bus dimaksud harus yang baik dan lucu. Seperti Bandros di Bandung, Sakoci (Saba Kota Cimahi) di Cimahi, dan UNCAL (Unforgettable City Tour at Lovable City) di Bogor. (Admin)