Saturday, 16 Dec 2017
 
 
UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL DI KOTA SUKABUMI PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 19 September 2017 14:54

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL DI KOTA SUKABUMI

Juanda, (Humas Setwan).- Upacara Kesadaran Nasinal kita semua diingatkan agar senantiasa menyadari akan tugas dan tanggungjawabnya, selaku aparatur Negara yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tandas Walikota Sukabumi, HM. Muraz, pada upacara Kesadaran Nasional setiap Tanggal 17, di Halaman Parkir Timur Balaikota Sukabumi, yang diikuti Wakil Walikota, Sekda Kota Sukabumi HMN Hanafie, para Pimpinan OPD, Pimpinan TPPKK dan DWP Kota Sukabumi.

 

 

“Upacara ini juga diharapkan sebagai pengingat, agar kita senantiasa menjaga sekaligus mengamalkan warisan para pendahulu bangsa, yakni Pancasila sebagai dasar Negara dan UUD 1945 sebagai konstitusi dan kesepakatan seluruh bangsa Indonesia. Kita diingatkan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan landasan idiil bernegara serta mengingatkan kembali tujuan kita, membangun pemerintahan Negara Rapublik Indonesia, seperti yang diamanatkan Pembukaan UUD 1945,” jelasnya.

Saat ini dapat dilihat, tegas Walikota, kesadaran untuk menjadikan Pancasila sebagai ideology Negara di masyarakat, bahkan di kalangan aparatur Negara deawsa ini mengalami penurunan. Tepatlah kiranya, Presiden RI Joko Widodo, mendirikan Unit Kerja UKP-PIP.

Dengan dibentuknya lembaga UKP-PIP, terangnya, kiranya peranan Pancasila sebagai dasar Negara, alat pemersatu bangsa, dapat lebih implementatif dan semakin membumi dalam kehidupan sehari-hari, melaui pendekatan yang tidak lagi bertumpu pada indoktrinasi.

 

“Kita berbeda-beda agama, ras, suku bangsa, dan ideology lainnya, serta beribu-ribu pulau yang terpencar dari Sabang sampai Merauke, disekat oleh lautan, namun Alhamdulillah tidak berpotensi untuk terpecahbelah menjadi bagian yang terpisahpisah fahamnya. Bahkan, tetap hal tersebut mendukung suasana Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kokoh dan kuat,” ungkapnya.