Thursday, 21 Sep 2017
 
 
SUASANA KHIDMAT MENGIRINGI UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI DI KOTA SUKABUMI PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 17 August 2017 09:26

SUASANA KHIDMAT MENGIRINGI UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI DI KOTA SUKABUMI

Juanda, (Humas Setwan).– Upacara puncak pengibaran bendera pusaka merah putih dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 tingkat Kota Sukabumi di Lapangan Merdeka, berlangsung khidmat, aman dan tertib.

 

 

Namun pada pagi hari sebelum terkonsentrasi di lapangan Merdeka, Tingkat Instansional Gabungan dilaksanakan di Halaman Parkir Timur Balaikota Sukabumi. Sekda Kota Sukabumi bertindak selaku Inspektur Upacara, sementara sebagai Perwira Upacara Kabag Umum Sekretariat DPRD Hj. Harlina Mulyawati, SH.

Upacara HUT Kemerdekaan di Balaikota yang dikomandoi Diwan Permana, S.STP, tersebut,melibatkan pula Satuan Khusus Upacara Dinas Polisi Pamong Praja, yang berkolaborasi dengan Satuan Kecil Paskibraka dalam pengibaran Bendera Pusaka. Suasana seremonial kemerdekaan di Balaikota juga, semarak dengan genderang Marching Band Gita Bahana Praja Pemerintah Kota Sukabumi.

Pada peringatan HUT kemerdekaan saat ini, sebelum upacara detik-detik proklamasi dimulai, undangan akan dihibur oleh Paduan Suara menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Acara puncak peringatan dimulai saat upacara detik-detik peringatan proklamasi pada pagi hari. Tepat pukul 09.40 WIB, persiapan upacara detik-detik proklamasi akan dimulai. Sementara, pengibaran bendera merah putih, tetap menjadi agenda utama pada setiap upacara terlebih lagi Upacara HUT Kemerdekaan RI. Dalam kesempatan ini, Walikota Sukabumi, M Muraz, yang bertindak selaku Inspektur Upacara yang pada kesempatan tersebut, membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo.

Di akhir upacara, paduan suara Kota Sukabumi akan kembali menghibur undangan dengan lagu-lagu nasional. Setelah upacara selesai, Marching Band SMP dan SMA/SMK se-Kota Sukabumi, akan mengisi suasana saat matahari memancarkan sinar menyemangati anak-anak bangsa Kota Sukabumi, yang semaksimal berbuat untuk NKRI melalui semaraknya HUT Kemerdekaan.

 

Khusus untuk rangkaian acara pada sore hari, kegiatan akan dimulai pada pukul 15.00 dengan sejumlah penampilan kesenian khas Kota Sukabumi, seperti Kesenian Massal berupa sejumlah tarian kolosal di sore hari, juga akan memeriahkan acara tersebut.yang kemudian ditutup oleh upacara penurunan bendera. (B/Bay/Mz/Oge)