Thursday, 23 Nov 2017
 
 
DESK PILKADA DAN PILGUB 2017 DIANGGARKAN DI APBD PERUBAHAN PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 21 July 2017 11:10

Juanda, (Humas Setwan).- Sekda Kota Sukabumi, HMN Hanafie ZainPemerintah, yang ditemui pers di Balaikota baru-baru ini, selaku Ketua Desk Pikada Kota (Pemkot) Sukabumi memastikan anggaran Desk Pemilihan Kepala Daerah dan Gubernur Jawa Barat 2018, akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan. Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tidak akan mengucurkan anggaran bagi kota dan kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak.

"Sampai hari ini, Provinsi Jawa Barat hanya menganggarkan bagi daerah yang tidak melaksanakan Pilkada, mungkin nanti kita satukan dengan Desk Pilgub," ujar Hanafie Zain.

 

Dia mengakui, pihaknya masih menghitung kebutuhan anggaran untuk mendukung operasional Desk Pilkada, karena nantinya akan dipergunakan untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat dan membayar honor tenaga ahli serta peralatan pendukung. Nanti, lanjutnya, akan dianggarkan di perubahan, hanya sekitar Rp100-Rp150 juta.

Sementara itu, Sekda Kota Sukabumi juga menjelaskan keterkaitan pula dibentuknya Desk Pilkada dengan Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurutnya, Desk Pilkada bertujuan memberikan warning ke Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak melakukan kegiatan politik namun secara personal juga memiliki hak politik.

"Secara fisik ASN tidak boleh ikut kampanye, tetapi di dalam undang-undang menyatakan secara pribadi punya hak politik,"terangnya.

Selain itu, kata Hanafie, Desk Pilkada akan melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilu untuk membahas kegiatan tahapan-tahapan.Seandainya nanti ada persoalan secara teknis, bisa diselesaikan di Desk Pilkada. (B/Bay/Mz/Oge)

Last Updated on Thursday, 03 August 2017 14:36