Thursday, 23 Nov 2017
 
 
BPKD KOTA SUKABUMI AKAN MELUNCURKAN PROGRAM SISTEM PAJAK ON-LINE PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 06 July 2017 17:45

BPKD KOTA SUKABUMI AKAN MELUNCURKAN PROGRAM SISTEM PAJAK ON-LINE

 

Juanda, (Humas Setwan).- BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daerah) Kota Sukabumi, dalam waktu dekat akan meluncurkan program sistem pajak online. Kepala BPKD Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada, M.M., mengemukakan, sebagai salah satu upaya dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada segenap lapisan warga masyarakat, khususnya para wajib pajak di Kota Sukabumi dalam melakukan pembayaran pajak, sesuai dengan perkembangan informasi dan teknologi yang semakin maju.

 

 

Dalam kaitan tersebut, pihak BPKD Kota Sukabumi, saat ini sedang menyiapkan berbagai perlengkapan sarana dan prasarana, serta SDM (Sumber Daya Manusia) yang akhli dalam bidang tersebut, supaya program sistem pajak online ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai harapan semua pihak.

Kepala BPKD Kota Sukabumi mengharapkan, dengan adanya program sistem pajak online ini, dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparasi serta realisasi pengumpulan pajak yang jelas. Sebab para wajib pajak, bisa lebih simpel dan mudah dalam melakukan pembayaran pajak, serta berbagai potensi pajak di Kota Sukabumi dapat dilihat dengan jelas secara online.

“Progam sistem pajak online ini sudah melalui uji tes dan kelayakan, melibatkan Bank BJB Sukabumi sebagai Bank Persepsi. Karena progam sistem pajak online ini, sudah direncanakan sejak 2 tahun yang lalu. Namun baru akan direalisasikan dan diluncurkan dalam tahun 2017 ini, mengingat berbagai faktor dan kendala yang dihadapi, seperti berbagai perlengkapan sarana dan prasarana serta SDM yang akhli dalam bidang tersebut,” terangnya. Dalam progam sistem pajak online ini, lanjutnya, hanya baru bisa melayani 7 jenis pajak yakni pajak reklame, restoran, hotel, parker, air bawah tanah, penerangan jalan dan pajak hiburan.

Melalui progam sistem pajak online ini, ungkap Dida, dapat membantu Pelaporan SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah) secara online, bagi para wajib pajak. Dengan demikian, para wajib pajak dapat mengisi formulir Pelaporan SPTPD menggunakan komputer atau tablet yang tersambung ke internet, serta para wajib pajak hanya perlu mendaftar secara online, untuk digunakan pemutakhiran data wajib pajak. Menurutnya, dengan adanya Pelaporan SPTPD secara online ini, para pegawai BPKD Kota Sukabumi bisa dengan mudah melihat, sekaligus menyortir dan menyetujui Pelaporan SPTPD yang disampaikan oleh para wajib pajak. (B/Bay/Mz/Oge)