Tuesday, 19 Sep 2017
 
 
SEMBOYAN "SAYA INDONESIA, SAYA PANCASILA" MENGIRINGI KHIDMATNYA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI KOTA SUKABUMI PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 01 June 2017 12:34

Juanda,(Humas Setwan).- Persis pukul 6.30 WIB., Sekretariat DPRD Kota Sukabumi melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6’17),di Halaman Gedung DPRD, dengan Inspektur Upacara Sekretaris DPRD Asep L. Sukmana, SH.,M.Si. Upacara tersebut,dihadiri para Kabag, Kasubag, dan Staf Sekretariat DPRD Kota Sukabumi. Pada kesempatan tersebut naskah Pancasila dibacakan Sekretaris DPRD, dan Kasubag Umum Taufiq mendapat tugas untuk membacakan naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Staf Sekretariat DPRD Iwan Fauzi, turut memberikan dorongan suasana khidmat melalui pembacaan do'a.


Dalam sambutannya, Sekretaris DPRD Kota Sukabumi menerangkan, Presiden RI telah menetapkan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional. Tahun ini, merupakan tanggal merah pertama peringatan Hari Lahir Pancasila. Namun seluruh instansi Pemerintah, baik di Pusat, daerah, maupun perwakilan Pemerintah di luar negeri, serta BUMN/BUMD diminta untuk masuk kerja, guna menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017.

1 Juni 2017, jelas Asep, menjadi sejarah karena Indonesia pertama kalinya menyelenggarakan Peringatan Hari Lahir Pancasila. Karena menurutnya kita tahu betul, Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia, harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi. “Sudah jelas Tujuannya agar kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dan itu dikembalikan lagi kepada jiwa dan bathinnya kita masing-masing sebagai anak bangsa,” ungkapnya.

Selama kurang lebih satu jam upacara yang dilaksanakan secara sederhana Di Sekretariat DPRD Kota Sukabumi, namun berjalan dengan penuh kekhidmatan. Usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72 tersebut, Sekretaris DPRD Kota Sukabumi beserta para Kabag dan Kasubag juga Staf, kemudian menggabungkan diri dengan suasana peringatan Tingkat Kota yang dikonsentrasikan di Halaman Parkir Timur Balaikota.

Di Balaikota, Pimpinan dan sejumlah perwakilan Anggota DPRD, bersama FORKOMPIMDA, serta para Pejabat Pemda dan segenap Karyawan di lingkungan Pemerintah Kota  Sukabumi, Unsur TNI dan Polri, di samping perwakilan elemen daerah, larut pula dalam kekhidmatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang ke-72. Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi HM. Muraz, bertindak selaku upacara. Sementara, Komandan Upacara salah satu Perwira Pertama Kodim 0607 Sukabumi, Kapten Dikdik, yang menjabat sebagai Danramil Cibadak. (B/Bay/Mz)

Last Updated on Friday, 16 June 2017 10:50