Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Wednesday, 24 Apr 2019
 
 
    TIGA RAPERDA KOTA SUKABUMI TELAH DIPARIPURNAKAN PDF Print E-mail
    Written by Administrator   
    Monday, 28 January 2019 09:59

    TIGA RAPERDA KOTA SUKABUMI TELAH DIPARIPURNAKAN

    Juanda,(Humas Setwan).-

    Raperda RPJMD 2018-2023 telah diparipurnakan baru-baru ini oleh DPRD Kota Sukabumi, bersamaan dengan Raperda tentang Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio dan Televisi, serta Raperda tentang Pengelolaan Limbah Domestik. Menurut Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi, pengusulan ketiga Raperda sebagai salah satu bentuk mewujudkan tujuan NKRI, serta memberikan kesempatan kepada daerah untuk menetapkan  dan mengimplementasikan kebijakannya secara mandiri dalam bingkai desentralisasi, untuk menciptakan pembangunan daerah bagi kesejahteraan rakyat.

    Secara spesifik Wali Kota Sukabumi menjelaskan pula, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 tahun, terhitung sejak dilantik hingga berakhirnya masa jabatan Kepala Daerah."Dan dengan RPJMD ini, dimaksudkan sebagai pedoman penyusunan RKPD dan penyusunan Renstra Perangkat Daerah untuk kurun waktu 5 tahun, serta penyusunan Renja Perangkat Daerah," tambahnya.

    Mengenai kedudukan RPJMD secara gamblang seperti dikemukakannya, merupakan penjabaran visi, misi, dan program Wali Kota dan Wakil Wali Kota ke dalam strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, program prioritas Wali Kota dan Wakil Wali Kota, arah kebijakan keuangan daerah dengan mempertimbangkan RPJPD, serta dokumen perencanaan daerah yang memberikan arah sekaligus acuan bagi seluruh komponen pelaku pembangunan daerah dalam mewujudkan pembangunan daerah  yang berkesinambungan.

    Selanjutnya Wali Kota Sukabumi mengulas keberadaan Radio dan Televisi. Menurutnya  sebagai media penyiaran di daerah mempunyai peranan yang sangat penting, strategis, dan efektif dalam memberikan keseimbangan informasi, pendididkan, kebudayaan, serta hiburan yang bersifat positif kepada masyarakat. Sehingga mampu mendukung keberhasilan program pembangunan, kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan.

    "Raperda lembaga penyiaran publik lokal radio dan televisi ini, sebagai salah satu untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Menkominfo yang diatur dalam Peraturan Menkominfo Nomor 18 Tahun 2016 tentang tata cara perizinan penyelenggaraan penyiaran. Lembaga penyiaran publik lokal radio dan televisi ini juga mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial, pelestari budaya, serta koordinasi dan/atau kemitraan antar lembaga penyiaran di Kota Sukabumi, media massa, dan pemangku kepentingan dengan senantiasa berorientasi pada kepentingan seluruh lapisan masyarakat," terangnya.

    Dalam Raperda Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio dan Televisi, tambahnya, pula bertujuan menyajikan program siaran yang mendorong terwujudnya sikap mental masyarakat yang beriman dan bertaqwa, cerdas, memperkukuh integrasi nasional, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera, serta menjaga citra positif daerah, menjunjung kearifan lokal dengan berorientasi pada kemajuan daerah, regional dan nasional.

    Terkait Raperda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, dikatakannya untuk mengendalikan pembuangan air limbah domestik, melindungi kualitas air tanah dan permukaan, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan upaya pelestarian lingkungan hidup khususnya sumberdaya air, serta mendorong penyelenggara sistem pengelolaan air limbah domestik yang efektif, efisien, berwawasan lingkungan, dan berlanjutan.

    Rapat Paripurna ditandai dengan Pemandangan Umum Fraksi dan tanggapan Wali Kota Sukabumi atas pemandangan umum fraksi. Pula Rapat Paripurna tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhandi, dan dihadiri segenap Pimpinan serta Anggota DPRD Kota Sukabumi. Hadir pula Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan, Forkompimda, Plt. Sekda Kota Sukabumi, Kepala SKPD, dan undangan lainnya. (Admin)