Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Sunday, 20 Jan 2019
 
 
    KECAMATAN WARUDOYONG DAN CIBEUREUM BAKAL JADI PUSAT KERAMAIAN PDF Print E-mail
    Written by Administrator   
    Monday, 07 January 2019 21:32

    KECAMATAN WARUDOYONG DAN CIBEUREUM BAKAL JADI PUSAT KERAMAIAN

    Juanda, (Humas Setwan).- Pemerintah Kota Sukabumi berencana memindahkan kawasan pusat keramaian Kota Sukabumi. Ketua Komisi I DPRD Kota Sukabumi Faisal Bagindo, menyatakan persetujuannya karena menurutnya ada memang sudah waktunya pengalihan keramaian ke zona selatan dan barat, sebagai wilayah yang tergolong luas untuk rencana Pemkot Sukabumi tersebut.”Kita harus mengantisipasi menumpuknya jumlah penduduk di kawasan pusat kota. Selain itu, kita lihat volume kendaraan yang semain hari semakin bertambah banyak, mungkin saja nanti bukannya saja kemacetan karena banyaknya mobil di jalan, tetapi mobil mandeg di tengah-tengah padatnya lalulintas, miris saya liatnya,” ungkapnya.

     

    Bang Jay, demikian panggilan akrabnya, melihat pula ke depan dengan selesainya tol BOCIMI yang apabila tidak diantisipasi akan menambah beban masalah bagi lalulintas jalan raya Kota Sukabumi.

    Rencana pemindahan kawasan pusat keramaian Kota Sukabumi, sejalan dengan Perda (Peraturan Daérah) Kota Sukabumi Nomor 11 Tahun 2012 mengenai RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Kota Sukabumi. Selain itu seperti dikemukakan Faisal, juga untuk melaksanakan dan mewujudkan kebijaksanaan Pemerintah.

    “Kota Sukabumi yang kian ramai yang asalnya sebagai Daerah Transit, sekarang ini menjadi Daerah Tujuan Wisata. Yang menggembirakan, saat ini menjadi perhatian Pemerintah Pusat, juga Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daérah terlihat pula istilah kita mah pinter ngigelanana dengan kebijakan-kebijakannya yang bisa memacu kemajuan daerah, serta mampu mandiri mendampingi kebijakan Pemerintah Pusat dan Provinsi yang menggulirkan kemajuan Kota Sukabumi,” paparnya.

    Sementara itu, seperti penjelasan Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Ir. H. Rudi Djuansyah, Pemerintah Kota Sukabumi berusaha sekuat tenaga memindahkan kawasan pusat keramaian Kota Sukabumi, ke wilayah Kecamatan Warudoyong dan Kecamatan Cibeureum. Karena sampai saat ini, menurutnya, pusat keramaian Kota Sukabumi saat ini terkonsentrasi di salah satu kecamatannya yakni Kecamatan Cikolé.

    “Di Kecamatan Cikole bejibun perkantoran Pemerintah, sekolah dan sejumlah fasilitas perbelanjaan, termasuk Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi, yakni Balaikota dan DPRD Kota Sukabumi,” terangnya.

    Untuk kawasan industri, jelasnya, sudah dipusatkan di Wilayah Kecamatan Warudoyong, pastinya di Jalan Cemerlang. Sedangkan kawasan pendidikan dan perkantoran sudah dipusatkan di Wilayah Kecamatan Cibeureum termasuk RTH (Ruang Terbuka Hijau).

    “Wilayah selatan Kota Sukabumi untuk instansi vértikal seperti Markas Polres Sukabumi Kota dan Kantor Kejaksaan Negri Sukabumi. Lahan untuk Kantor Kejaksaan Negri Sukabumi sudah disiapkan, yakni disamping Gedung Kesenian Kota Sukabumi, pastinya di wilayah Kecamatan Warudoyong. Sedangkan lahan untuk Markas Polres Sukabumi Kota masih dalam pencarian lahan yang terbilang, Lantaran Pemerintah Kota Sukabumi berupaya mempersiapkan lahannya semata, sebab untuk pembangunannya diserahkan pada instansi masing-masing,” papar Rudi.

    Kepala Bappeda Kota Sukabumi menjelaskan pula, RTRW Kota Sukabumi untuk 20 tahun ke depan, yaitu dari Tahun 2019 sampai Tahun 2039. Dan RTRW tersebut akan dilaksanakan secara bertahap, terutama dalam memindahkan kawasan pusat keramaian Kota Sukabumi ke Wilayah Kecamatan Warudoyong dan Cibeureum.

    “Untuk memindahkan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi tersebut, akan dilaksanakan secara bertahap selama 5 tahun, lantaran memerlukan dana yang sangat besar, yaitu lebih kurang 359 miliar rupiah. Untuk itulah, Pemerintah Kota Sukabumi akan meminta bantuan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Selain itu, juga direncanakan pembangunan Pasar Induk Kota Sukabumi di Wilayah Kecamatan Cibeureum. Dengan rencana itu juga, Pemerintah Kota Sukabumi sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan Pasar Induk Kota Sukabumi dengan luas 3 héktar, tepatnya di Wilayah Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum,” ungkapnya. (Admin)