Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Wednesday, 21 Nov 2018
 
 
    90 TAHUN SUMPAH PEMUDA DI KOTA SUKABUMI PDF Print E-mail
    Written by Administrator   
    Monday, 29 October 2018 17:22

    Juanda, (Humas Setwan).- Gelar upacara bendera PeringatanHari Sumpah Pemuda ke-90 tingkat Kota Sukabumi, berlangsung di Lapang Merdeka, Gunung Parang Kota Sukabumi. Dalam acara tersebut Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi bertindak sebagai Inspektur Upacara yang kedatangannya disambut gending sunda. Sementara dalam acara yang dikomandoi jajaran KNPI Kota Sukabumi ini Gilang Kusmana sebagai Komandan Upacara.

    Pada awal upacara, Ketua KNPI Kota Sukabumi menyampaikan laporan seputar kegiatan Hari Sumpah Pemuda.

    Hadir  di Podium Utama Wakil Wali Kota Sukabumi H. Andri Setiawan, Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkompimda, Plt. Sekda Saleh Makbullah, Kepala SKPD, Ketua TPPKK dan Dharma Wanita, Camat, Lurah, jajaran Pimpinan OKP, dan Insan Pers.

    Sedangkan slagorde upacara terdiri dari Korp Musik Gita Bahana Swara Pemerintah Kota Sukabumi, Gabungan KORPRI SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, Gabungan Barisan Mahaiswa, Pelajar, PMR, Pramuka, dan Satgas OKP.

    Pada kesempatan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-90 ini, pembacaan Pancasila dilakukan Wali Kota Sukabumi. Selain pembacaan Pembukaan UUD’45 dibacakan pula Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh perwakilan Pramuka dan KNPI.

    Dalam sambutan tertulis Menpora RI, Walikota Sukabumi membacakan, dengan  mengambil tema sentral "Bangun Pemuda Satukan Indonesia". Tema besar ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

    Menurut Menpora bahwa para pemuda khususnya, semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda, sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

    Menpora mengatakan pula, Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu Pemilihan Presiden dan wakil Presiden, serta DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota.

    Juga dinyatakan, saat ini sangat diperlukan partisipasi aktif, peran penting dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan mekanisme laju pemerintahan tersebut.

    Menpora meminta, Hindari gesekan-gesekan yang melemahkan persatuan, pemuda harus mampu keluar dari jebakan primordialisme, pemuda harus bangkit terus dengan hal-hal positif dan kreatif."Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia," pungkasnya.

    Usai upacara, Wali Kota Sukabumi menyerahkan piagam dan thropy kepada para pemuda dan pemudi Kota Sukabumi yang mengukir prestasi pada bidangnya masing-masing, di bawah alunan suara Group Paduan Suara Gabungan Guru-guru Kota Sukabumi. Setelah itu, Mahasiswa dan Pelajar Kota Sukabumi menggelar Drama Kolosal

    Last Updated on Monday, 05 November 2018 15:32