Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Saturday, 18 Aug 2018
 
 
  • Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
KERJA SAMA PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR SANITASI PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 24 July 2018 09:57

KERJA SAMA PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR SANITASI

 

Juanda, (Humas Setwan). Kerja Sama Tentang Pengelolaan Infrastruktur Sanitasi dan TPS 3R Berbasis Masyarakat, dengan Direktur PPLP (Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman) Ditjen (Direktorat Jenderal) Cipta Karya Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI, Ir. Dodi Krispratmadi, M.Env.E., baru-baru ini, berlangsung di Hotel Sanur Paradise Denpasar Bali. Diantaranya Pemerintah Kota Sukabumi, diwakili Penjabat Wali Kota Drs. Dady Iskandar, MM. Penjabat Wali Kota Sukabumi menjelaskan, Sanitasi Berbasis Masyarakat merupakan Infrastruktur Air Limbah Komunal, dengan sasaran MBR (Masyarakat Berpengasilan Rendah). Sedangkan TPS 3R merupakan infrastruktur untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah. Dalam kaitan ini, menurutnya, Direktur PPLP Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI, melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota, dalam rangka upaya menjaga komitmen dan tanggung jawab khususnya dalam Pengelolaan Infrastruktur Sanitasi dan TPS 3R Berbasis Masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Dengan dilaksanakannya penandatangan kerja sama ini, diharapkan dapat mempercepat pembangunan Infrastruktur Sanitasi dan TPS 3R Berbasis Masyarakat khususnya di Kota Sukabumi. Namun demikian, keberhasilan pembangunan Infrastruktur Sanitasi dan TPS 3R Berbasis masyarakat ini, bukan merupakan tugas Pemerintah Pusat dalam hal ini Direktur PPLP Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI serta Pemerintah Kabupaten dan Kota saja, akan tetapi merupakan tugas semua pihak, yakni Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten dan Kota serta segenap komponen masyarakat,” terangnya.

Pembangunan Infrastruktur Sanitasi dan TPS 3R Berbasis Masyarakat ini, harapnya, dapat meningkatkan  PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) masyarakat khususnya di Kota Sukabumi. Hal ini sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Penjabat Wali Kota Sukabumi mengatakan, dilaksanakannya Penandatanganan Kerja Sama Tentang Pengelolaan Infrastruktur Sanitasi dan TPS 3R Berbasis Masyarakat dengan Direktur PPLP Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI ini, karena Pemerintah Kota Sukabumi senantiasa berkomitmen dan berupaya optimal memperhatikan dan mempedulikan masyarakat, khususnya tentang Infrastruktur Sanitasi dan TPS 3R Berbasis Masyarakat. (B/By/Mz/Jg/Pras/Oge)