Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Wednesday, 23 May 2018
 
 
  • Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
SELURUH PASLON AGAR TIDAK MELANGGAR ATURAN PILKADA PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 04 May 2018 06:37

SELURUH PASLON AGAR TIDAK MELANGGAR ATURAN PILKADA

Juanda, (Humas Setwan).- Ketua Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Sukabumi, Muhammad Aminnudin, ketika ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini,  memperingatkan seluruh Paslon (Pasangan Calon) Peserta Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kota Sukabumi Tahun 2018, agar tidak melanggar aturan Pilkada terutama pada Bulan Suci Ramadhan Tahun 1439 Hijriyah.

“Bulan Suci Ramadhan, ada tiga kegiatan yang dilarang dilakukan oleh seluruh Paslon Peserta Pilkada. Antara lain kegiatan kampanye pada tempat ibadah, kegiatan buka puasa bersama, serta pemberian santunan dan THR (Tunjangan Hari Raya) Idul Fitri. Untuk itu, pihak Panwaslu Kota Sukabumi akan senantiasa berupaya optimal meningkatkan pengawasan, khususnya pada Bulan Suci Ramadhan,” tandasnya.

Kegiatan kampanye pada tempat ibadah serta pemberian santunan dan THR, terangnya, sudah jelas dilarang dalam peraturan dan perundang-undangan. Pula kegiatan buka puasa bersama, menurutnya akan menjadi perhatian khusus bagi Panwaslu Kota Sukabumi, dengan senantiasa meningkatkan pengawasan. Sebab dik

Selain itu, jelasnya, seperti yang dituangkan dalam peraturan dan perundang-undangan, seluruh Paslon Peserta Pilkada dilarang memberikan materi dan barang kepada para calon pemilih atau menggiring masyarakat dan sebagainya, termasuk kampanye pada tempat ibadah baik secara langsung maupun secara  terselumbung. Karena hal tersebut sudah jelas masuk ke dalam dugaan pidana Pilkada. Kecuali hanya melaksanakan ibadah saja, tanpa melakukan kegiatan lainnya.

“Yang akan menjadi perhatian khusus bagi Panwaslu Kota Sukabumi dalam Bulan Suci Ramadhan, yakni akan senantiasa mengawasi dan mencermati pemberian santunan dan THR, baik berupa uang maupun berupa barang. Sebab hal tersebut merupakan fase yang sangat menggiurkan bagi para Paslon Peserta Pilkada dan Tim Suksesnya, untuk mengiming-imingi warga masyarakat dalam menentukan pilihannya,” ungkapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua Panwaslu Kota Sukabumi menghimbau kepada seluruh Paslon Peserta Pilkada dan Tim Suksesnya, agar tidak melanggar aturan Pilkada, terutama yang dapat menimbulkan opini dan konflik di masyarakat. Karena hal tersebut dapat merugikan dan menjatuhkan Paslon Peserta Pilkada dan Tim Suksesnya sendiri. (B/By/Mz/Jg/Pras/Oge)

v