Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Wednesday, 12 Dec 2018
 
 
    MERIAHNYA MILAD KOTA SUKABUMI PDF Print E-mail
    Written by Administrator   
    Thursday, 29 March 2018 19:11

    Juanda, (Humas Setwan).- Kamis (29/3’18), di pagi hari tengah hangatnya mentari memancarkan sinarnya,  Plt. Sekda Kota Sukabumi, Drs. Saleh Makbullah, melepas 18 Daerah di Jawa Barat yang turut memeriahkan Helaran Seni Budaya Hari Ulang Tahun Kota Sukabumi yang ke-104. Ya, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) menggelar “HELARAN SENI BUDAYA JAWA BARAT” yang sangat di tunggu tunggu oleh masyarakat sukabumi dan sekitarnya, diikuti oleh beberapa Kota dan Kabupaten di Jawa Barat dan 7 Kecamatan di Kota Sukabumi.

    Helaran Budaya menampilkan ragam rupa keunikan seni dan budaya daerah di Jawa Barat ini, dengan mengambil rute, start dari lapang merdeka kota sukabumi dan berakhir Jl. R Syamsudin SH., di depan Balaikota Sukabumi dengan menampilkan seni khas masing – masing peserta.

    Begitu kagumnya para penonton yang membludak di kiri kanan trotoar sepanjang arak-arakan lewat, terlebih melihat suguhan penampilan yang menarik nampak atraktif. Banyak penampilan dalam gelar acara helaran tersebut, diantaranya angklung dari Kabupaten Sumedang, singo barong dari Pangandaran, Kabupaten Garut menyuguhkan tampilan bebegig, ngala belut dari Kabupaten Cianjur, penampilan tari – tarian dan promosi pariwisata dari Kabupaten Sukabumi, dan penampilan dari 7 Kecamatan se-Kota Sukabumi yang menampilkan keunikan pilemburan masing -masing seperti penampilan Tari Mochi, boles, ngagotong lisung, pencak silat, ngageulis, perkumpulan seni cibeureum, buah naga dan yang lainnya.

    Sejak star dari Lapang Merdeka helaran ini akan digelar mulai pukul 08.00 WIB., sampai dengan selesai. Perhelatan tahunan di Kota Sukabumi ini, banyak menyedot para pengunjung, bukan saja masyarakat Kota dan KabupatenSukabumi yang begitu antusias menyaksikan Helaran, bahkan dari luar Kota Sukabumi sengaja datang. Sampai di depan podium, Walikota Sukabumi, HM. Muraz, beserta Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhandi, Wakil Walikota Sukabumi HA. Fahmi, Unsur Forkompimda,  Perwakilan Pejabat Teras Pemerintahan se-Jabar dan undangan lainnya, menerima kontingen seni budaya tersebut.

    Menurut Kadisporapar, Drs. Adang Taufiq, yang dihubungi di sela-sela acara, beberpa komunitas yang ada di Kota ikut memeriahkan acara tersebut termasuk anak anak dari Generasi Pesona Indonesia (Genpi) yang turut andil dalam kegiatan tersebut.

    Dalam Helaran Seni Budaya, menurutnya, kepada setiap Kontingen peserta, akan diberikan penilaian, di nilai oleh tim juri dari panitia acara dengan kriteria penilaian dilihat dari kreativitas, penampilan, lokalitas, artistik, keutuhan, bentuk serta totalitas. “Sudah tentu nantinya yang terbaik akan mendapatkan hadiah berupa tropy dan uang pembinaan,” terangnya. (admin)

    Last Updated on Sunday, 01 April 2018 10:40