Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Sunday, 15 Jul 2018
 
 
  • Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
KEMENTERIAN AGAMA HADIR UNTUK MENGATUR, MEMBIMBING, MELAYANI DAN MELINDUNGI SEMUA PEMELUK AGAMA PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 04 January 2018 10:10

KEMENTERIAN AGAMA HADIR UNTUK MENGATUR, MEMBIMBING, MELAYANI DAN MELINDUNGI SEMUA PEMELUK AGAMA

Juanda, (Humas Setwan).- “Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani dan melindungi semua pemeluk agama di dalam NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Untuk itu, pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan RI. Selain itu, Kementerian Agama juga bertugas sebagai pengawal dasar negara Pancasila, yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, adalah jantung kebangsaan, tempat bertemunya semangat beragama dan cinta tanah air. Sila Kedua Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, berintikan ajaran universal semua agama dalam menghargai jiwa, kehormatan dan kehidupan setiap manusia. Sila Ketiga Persatuan Indonesia, bermakna ikatan bangsa yang merajut keberagaman dan keberagamaan masyarakat Indonesia. Sila Keempat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mewujud pada sistem demokrasi yang khas Indonesia, dan Sila Kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, diterjemahkan dalam kebijakan menggerakkan segenap sumber daya, demi perbaikan nasib dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata. Hal tersebut ditandaskan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, yang disampaikan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., saat memberi sambutan pada Upacara HAB (Hari Amal Bhakti) Kementerian Agama Ke 72 Tahun 2018 Tingkat Kota Sukabumi, hari Rabu, 3 Desember 2018, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

 

 

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Yunus Suhandi, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., sejumlah Anggota DPRD Kota Sukabumi, unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, PLT Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, Kepala Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kota Sukabumi, para Pimpinan Organisasi Keagamaan, Organisasi Wanita, Pemuda dan Sosial, serta LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan para tamu undangan lainnya.

Selanjutnya diterangkan Menteri Agama, melihat sangat pentingnya tugas tersebut, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

“Pada masa kini, tugas tersebut semakin berat, karena menghadapi zaman yang cepat berubah, serta berada dalam lingkup masyarakat lebih luas, yang meliputi warga global hingga generasi digital. Disamping itu, tuntutan publik juga semakin tinggi, terbuka dan spontan. Untuk itu, diperlukan sikap yang tepat dan cerdas, dalam merespons tuntutan masyarakat terhadap Kementerian Agama,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi menyematkan anugerah Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun dari Presiden RI, kepada sejumlah PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Kantor Kemenag Kota Sukabumi, serta trophy dan piagam penghargaan kepada para juara lomba. (B/Bay/Mz/Jang/Oge/Dea)