Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Saturday, 22 Sep 2018
 
 
  • Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
PDAM TBW KOTA SUKABUMI MELAKUKAN SOSIALISASI PERMENDAGRI RI NOMOR 71 TAHUN 2016 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 04 January 2018 09:25

PDAM TBW KOTA SUKABUMI MELAKUKAN SOSIALISASI PERMENDAGRI RI NOMOR 71 TAHUN 2016

Juanda, (Humas Setwan).- PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) TBW (Tirta Bumi Wibawa) Kota Sukabumi, melakukan Temu Pelanggan dan Sosialisasi Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) RI Nomor 71 Tahun 2016, Tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum. Kegiatan yang berlangsung baru-baru ini, di Aula UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi) ini, dibuka secara resmi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sukabumi, H. Deden Solehudin, S.Ag., M.M. Sedangkan yang bertindak sebagai Nara Sumber, yakni  Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi, Anton Rachman Suryana, S.Sos., M.AP., Rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd., selaku Ketua Forum Pelanggan PDAM TBW Kota Sukabumi, dan Sekretasis Dewan Pengawas PDAM TBW Kota Sukabumi, Yayat Suparyat, S.IP., M.Si.


 

Direktur PDAM TBW Kota Sukabumi, Anton Rachman Suryana, S.Sos., M.AP. menjelaskan, permasalahan yang dihadapi PDAM TBW Kota Sukabumi khususnya Bidang Teknik pada saat ini, diantaranya kehilangan air masih tinggi yakni mencapai lebih kurang 47 persen, diakibatkan jaringan pipa ACP yang sudah melebihi usia teknis lebih kurang 37 tahun, jaringan pipa berada di bahu jalan sehingga sangat sulit untuk diperbaiki, WM (Water Meter) Pelanggan banyak yang sudah melebihi usia teknis diatas 5 tahun, WM Induk banyak yang tidak berfungsi, serta terjadinya beberapa kerusakan pada Unit Pengolahan sehingga pengolahan tidak optimal, dan cakupan pelayanan masih rendah.

Adapun upaya untuk menurunkan kehilangan air tersebut, diantaranya ditempuh melalui Program Bidang Teknik, yang terdiri dari penggantian WM Pelanggan yang sudah melebihi usia teknis, pengukuran tekanan aliran, step test pada malam hari, penggantian WM Induk di beberapa titik Sumur Bor yang terbukti tidk akurat, serta penggantian dan perbaikan jaringan pipa distribusi. Selain itu, juga ditempuh melalui Program Bidang Non Teknik, diantaranya rotasi Petuas Pembaca WM Pelanggan, penerbitan illegal conection, pembacaan pemakaian air dengan menggunakan kamera, peneraan WM Pelanggan, analisa untuk tingkat akurasi WM Pelanggan, dan analisa pemakaian air dibawah 10 meter kubik.

Sedangkan upaya untuk meningkatkan pendapatan operasional perusahaan, diantaranya ditempuh melalui penyuluhan kepada warga masyarakat yang berlum menggunakan atau berlangganan air PDAM akan pentingnya air bersih yang memenuhi syarat-syarat kesehan, bekerja sama dengan instansi terkait, serta menjalin kerja sama dengan pihak pengembang dalam pengadaan fasilitas sambungan pelanggan. Disamping itu, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI, terus berupaya memenuhi kebutuhan warga masyarakat akan air bersih, melalui program subsidi pemasangan jaringan pipa air PDAM bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), serta pembayaran rekening air secara online, untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran rekening air. (B/Bay/Mz/Jang/Oge/Dea)