Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Thursday, 19 Apr 2018
 
 
  • Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
RENCANA PEMINDAHAN STASIUN KERETA API SUKABUMI KE WILAYAH SELAKASO MEMASUKI TAHAPAN KAJIAN KEMENHUB PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 28 December 2017 13:15

RENCANA PEMINDAHAN STASIUN KERETA API SUKABUMI KE WILAYAH SELAKASO MEMASUKI TAHAPAN KAJIAN KEMENHUB

Juanda, (Humas Setwan).- Rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi dari wilayah Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi ke wilayah Selakaso, Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, sudah memasuki tahapan kajian Kemenhub (Kementerian Perhubungan), diantaranya berkaitan dengan besaran anggaran untuk membiayai seluruh proses pemindahan ke wilayah dimaksud. Hal tersebut, dikemukakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, A.TD.

 

 

Selain itu juga diungkapkan, pembahasan tentang rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ini, muncul dalam pertemuan sekilas, antara Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dengan Menteri Perhubungan beberapa waktu yang lalu.“Dalam pertemuan tersebut, membahas perkembangan dan kesiapan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kota Sukabumi, atas pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi)  dan pembangunan double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi serta pembangunan Bandara Sukabumi, yang ditargetkan selesai pada tahun 2019 dan 2020 mendatang. Sedangkan pembangunan double track Kereta Api Bogor-Sukabumi, ditargetkan harus selesai pada tahun 2019 mendatang, karena masuk dalam Proyek Strategis Nasional,” terang Abdul Rachman.

Yang menjadi bahan pertimbangan pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ke wilayah Selakaso ini, tuturnya, sebab wilayahnya masih memiliki lahan yang cukup luas serta memadai dan strategis, karena memiliki akses jalan yang sangat baik dan mudah dijangkau, sebab berdekatan dengan Jalan Lingkar Selatan dan peta Jalan Tol Bocimi, yang saat ini sedang dibangun. Namun mengenai persiapan dan yang lainnya terhadap rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ini belum dilakukan, karena baru memasuki pada tahapan kajian Kemenhub.

Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, lanjutnya, tidak memiliki kewenangan untuk merealisasikan pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ini. Sebab Dinas Perhubungan Kota Sukabumi hanya sebatas mengusulkan kepada Kemenhub, supaya operasional Kereta Api bisa lebih baik dan optimal lagi, dalam memenuhi kebutuhan transportasi warga masyarakat. Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi hanya bisa menunggu keputusan lebih lanjut dari Kemenhub.

 

Dikatakan pula, apabila sudah ada keputusan dari Kemenhub dan menyetujui terhadap rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ini, akan secepatnya direalisasikan. Selain itu juga dikatakan, rencana pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ini, mendapat respon positif dari Kemenhub.”Buktinya saat ini sedang dilakukan kajian oleh Kemenhub, khususnya yang berkaitan dengan besaran anggaran untuk membiayai seluruh proses pemindahan Stasiun Kereta Api Sukabumi ke wilayah tersebut,” pungkasnya.

Dari DPRD Kota Sukabumi, Rojab Asy'ari, menyatakan setuju dan mengapresiasi kesiapan Pemkot Sukabumi untuk pemindahan Stasiun Kereta Api dari Gunung Parang ke Selakaso. Karena menurutnya, sebagai jalan keluar untuk pemecahan keramaian. (B/Bay/Mz/Oge)