Selamat Datang di Wabsite Resmi
DPRD Kota Sukabumi
Thursday, 19 Apr 2018
 
 
  • Photo Title 1
  • Photo Title 2
  • Photo Title 3
  • Photo Title 4
  • Photo Title 5
REPUBLIK INDONESIA BISA BERDIRI TEGAK SEBAGAI BANGSA YANG BERDAULAT PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 19 December 2017 16:58

REPUBLIK INDONESIA BISA BERDIRI TEGAK SEBAGAI BANGSA YANG BERDAULAT

Juanda, (Humas Setwan).- Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, yang disampaikan  Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., selaku Inspektur Upacara, saat memberi sambutan pada Upacara Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2017 Tingkat Kota Sukabumi, hari Selasa pagi, 19 Desember 2017, di Halaman Apel Setda Kota Sukabumi menandaskan, sejarah telah mencatat, bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat, tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat Indonesia, berjuang mengorbankan jiwa raga, untuk membela tanah air dari para penjajah.


 

“Sejarah juga telah mencatat, bahwa membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara dalam bentuk yang lain, sebagaimana pernah dilakukan oleh Mr. Safrudin Prawiranegara pada tahun 1948, guna menyelamatkan keberlangsungan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dengan membentuk PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia), di Sumatera Barat. Nilai-nilai heroik tersebut, perlu terus diaktualisasikan oleh seluruh rakyat Indonesia, melalui berbagai karya nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Bertindak selaku Perwira Upacara, Aim Sunarya, S.Pd., Komandan Upacara, Luki Lukmanulhakim, S.IP., M.Si., Pembaca Naskah Pancasila, Inspektur Upacara, Pembaca Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Dewi, Pembaca Naskah Ikrar Bela Negara, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H., Pengibar Bendera, Nisa, Fajar dan Eka Yulia, serta Pembaca Doa, Ustadz Yusuf, dan Korps Musik, Gema Swara Korpri Kota Sukabumi.

Selain itu, Presiden RI mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk melakukan aksi nyata dalam pembelaan negara, khususnya di era ketergantungan terhadap teknologi informasi, yang telah membawa semua pihak pada cara pandang terhadap berbagai kemungkinan ancaman. Karena dalam memasuki era milenium ini, tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa, tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman mititer, tapi sudah bersifat multidimensional dan berada di setiap lini kehidupan. Oleh karenanya, bentuk aktualisasi kecintaan kepada tanah air serta patriotisme dan nasionalisme, sudah jauh berbeda dengan era perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang, karena bentuk dan sifat ancamannya pun berbeda.

Hadir pada kesempatan tersebut, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sukabumi, Unsur FKPD (Forum  Komunikasi  Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, Kepala Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Danpuslatpur Marinir Antralina, Dan Yon Armed 13 Nanggala Kostrad, Kepala Benglap Sukabumi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Sukabumi, para Asisten Daerah Setda Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Instansi Vertikal, para Direktur BUMN dan BUMD, para Ketua Organisasi Wanita dan Pemuda, para Pemuka Agama dan para tamu undangan lainnya. (B/Bay/Mz/Oge)