Monday, 22 Jan 2018
 
 
GROUNDBREAKING PEMBANGUNAN DOUBLE TRACK KERETA API BOGOR-SUKABUMI SUDAH DILAKSANAKAN PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 19 December 2017 16:38

GROUNDBREAKING PEMBANGUNAN DOUBLE TRACK KERETA API BOGOR-SUKABUMI SUDAH DILAKSANAKAN

Juanda, (Humas Setwan).- Groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek pembangunan double track atau jalur ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi sudah dilaksanakan, pertengahan Desember, di Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, Menhub (Menteri Perhubungan) RI, Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si., Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., dan Bupati Sukabumi, Drs. H. Marwan Hamami, M.M. Hadir dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI, Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., Kepala Staf Kepresidenan RI, Teten Masduki, Unsur FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provinsi Jawa Barat dan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo menandaskan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya, untuk segera melaksanakan pembangunan sejumlah sarana transportasi menuju Sukabumi, yakni pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan pembangunan double track Kereta Api Bogor-Sukabumi. Ditandaskan pula, pembangunan double track Kereta Api Bogor-Sukabumi ini, ditargetkan selesai pada tahun 2020 mendatang, serta dalam pengerjaannya diharapkan agar menggunakan pola padat karya, dengan lebih memprioritaskan pada pembukaan lapangan kerja bagi warga masyarakat, khususnya yang ada di sekitar proyek pembangunan double track kereta api ini.

Sementara Menhub RI, Budi Karya Sumadi menjelaskan, pada tahap pertama pembangunan double track Kereta Api Bogor-Sukabumi ini, akan dibangun sepanjang 7 kilo meter, yakni dari Cicurug sampai dengan Cigombong. Adapun persoalan yang dihadapi dalam pembangunan double track kereta api ini, yakni jalur lintasan yang menanjak dan berliku. Untuk itu, jalur lintasan kereta api ini akan dibuat tanjakan dan tikungan menjadi lebih landai, dengan menurunkan ketinggian tanah lebih dari 10 meter. Selain itu, Menhub RI juga akan mengatur jumlah stasiun yang akan dilewati pada jalur lintasan double track kereta api ini, yakni stasiun mana yang harus ditambah dan stasiun mana yang harus dikurangi. Karena apabila terlalu banyak berhenti, perjalanan kereta apinya akan lama.

Dalam pada itu, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. mengucapkan merasa bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak khususnya kepada Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, yang telah merealisasikan dua permohonan dari tiga permohonannya sebagai masukan dari warga masyarakat Kota Sukabumi dan sekitarnya, yakni pembangunan Jalan Tol Bocimi dan pembangunan double track Kereta Api Bogor-Sukabumi, yang groundbreaking proyek pembangunannya sudah dilaksanakan. Sedangkan permohonan yang ketiga, yakni pembangunan Bandara Sukabumi, serta tahapan pembangunannya akan segera dilaksanakan dan dijadualkan selesai pada tahun 2020 mendatang. Namun untuk lokasinya masih dirahasiakan, yang sudah pasti lokasinya berada di wilayah Sukabumi. (B/Bay/Mz/Oge)