Saturday, 16 Dec 2017
 
 
PEMERINTAH KOTA SUKABUMI OPTIMALISASIKAN PENYUSUNAN BLUE PRINT SMART CITY PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 12 October 2017 09:40

Juanda, (Humas Setwan).- Pemerintah Kota Sukabumi saat ini sedang berupaya optimal merampungkan penyusunan blue print atau kerangka kerja secara terperinci, sebagai landasan pembuatan kebijakan smart city atau kota cerdas, dan quick win smart city sebagai langkah inisiatif yang mudah dan cepat dicapai untuk mewujudkan kota cerdas.

Selain itu juga, menurut Kepala Bidang Infrastruktur TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi), Persandian dan Integrasi Data Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Sukabumi, -H. Yuli Noviawan, S.T., M.T., sedang berupaya optimal, agar blue print smart city dan quick win smart city ini bisa masuk ke dalam RPJMD (Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah) Kota Sukabumi. Maksud dan tujuannya, supaya program tersebut bisa berjalan dengan baik dan optimal, sebab dalam setiap tahunnya dilakukan evaluasi oleh berbagai pihak terkait.

“Penyusunan blue print smart city ini dilakukan oleh Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Sukabumi, supaya bisa langsung dimasukan ke dalam RPJMD Kota Sukabumi, melibatkan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Sedangkan penyusunan quick win smart city dilakukan oleh Diskominfo Kota Sukabumi, juga melibatkan seluruh SKPD. Dengan demikian, program tersebut bisa running dan tidak berhenti di tengah jalan, sehingga program tersebut dapat segera terwujud,” terangnya.

Penyusunan program tersebut, lanjutnya, saat ini sudah memasuki tahap finising atau proses penyelesaian, yakni sudah mencapai 95 persen, atau hanya tinggal keberapa dokumen saja yang belum rampung, dan akan segera diselesaikan. Adapun materi yang dibuat dalam penyusunan program tersebut, terdiri dari penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan, serta langkah-langkah dalam melakukan implementasinya.

Sedangkan untuk kontennya, kata Yuli, sebelumnya hanya difokuskan pada 4 pilar. Namun sekarang menjadi 5 pilar, sesuai dengan yang diusung oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Antara lain smart buildinggovernancecommunityeconomy dan branding. Kelima pilar tersebut, harus sampai detail program kegiatan dan penganggarannya. Selain itu juga dikatakan, dilaksanakannya program dan kebijakan ini, untuk memberikan kemudahan sekaligus meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat. (B)

Last Updated on Wednesday, 18 October 2017 07:09