Saturday, 16 Dec 2017
 
 
WARGA MUSLIM KOTA SUKABUMI MENYAMBUT 1 MUHARAM 1439 HIJRIYAH PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 22 September 2017 10:25

WARGA MUSLIM KOTA SUKABUMI MENYAMBUT 1 MUHARRAM 1439 HIJRIYAH

Juanda, (Humas Setwan).- Puluhan ribu Umat Islam Kota Sukabumi, menyambut Tahun Baru Islam1 Muharram 1439 Hijriyah, Rabu malam (20/9’17). Suasana 1 Muharam yang ditandai dengan Pawai Taaruf, dan dimeriahkan, disemarakkan serta digebyarkan dengan Takbir, Pawai Obor dan Dulag, mulai pukul 19.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

 

 

Kegiatan tersebut dilepas secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., didampingi Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Sukabumi Gundar Kolyubi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., dan unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi. Massa Pawai tersebut, diterima secara resmi di Panggung Kehormatan, Jalan R. Syamsudin, S.H., tepatnya depan Balai Kota Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut, para Asisten Daerah dan Staf Ahli Walikota Sukabumi, para Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), BUMN dan BUMD, para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Wanita dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Rute pawai yang dilewati massa pawai, yakni start dari Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan A. Yani, Jalan Gudang, Jalan R.E. Martadinata, Jalan Siliwangi, Jalan R. Syamsudin, S.H., Jalan Suryakencana, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan finish di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi.

Sementara urutan peserta pawai tersebut, antara lain Pembawa Bendera Merah Putih dan Bendera Pemerintah Kota Sukabumi serta Bendera MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kota Sukabumi oleh RMA (Remaja Masjid Agung) Kota Sukabumi, selanjutnya Marching Band Gema Swara Korpri Kota Sukabumi, TNI, Polri, Satpol PP, Kantor Kemenag, Ormas Islam, Pelajar SMA, SMK dan MA, Majelis Talim, Pondok Pesantren, Kafilah Kecamatan Cikole, Kecamatan Citamiang, Kecamatan Gunungpuyuh, Kecamatan Warudoyong, Kecamatan Cibeureum, Kecamatan Baros dan Kecamatan Lembursitu, serta Patwal Dinas Perhubungan, Ambulance dan Pemadan Kebakaran BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sukabumi.

Sebelumnya, dilaksanakan Sujud Syukur di Masijid Agung Kota Sukabumi, mulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 19.00 WIB, yang diisi dengan Istigosah dan Doa Akhir Tahun, Sholat Maghrib Berjamaah, Doa Awal Tahun dan Tausiyah Muharom, serta Sholat Isya Berjamaah.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para peserta, yang telah berpartisipasi secara aktif dan responsive bersinergi dengan Pemerintah Kota Sukabumi dalam setiap kegiatan daerah.

 

”Pihak Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya para alim ulama dan tokoh masyarakat, senantiasa berupaya optimal menyambut sekaligus memeriahkan dan menyemarakkan serta menggebraykan Tahun Baru Islam secara rutin setiap tahun. Hal ini sebagai muhasabah, supaya segenap umat Islam di Kota Sukabumi, dapat mengevaluasi berbagai kekurangan dan kelebihan, dalam menjalani berbagai kehidupan selama satu tahun ke belakang, untuk selanjutnya dijadikan paradigma hijrah kearah yang lebih baik lagi pada tahun-tahun ke depannya,” ungkapnya. (B/Bay/Mz/Oge)